Makanan Penambah Tenaga

Kita pernah melewati hari saat level energi kita tak mencukupi. Namun, bagi sejumlah orang, memiliki level energi merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih besar. Mereka yang menderita kondisi seperti rendah testosteron, anemia, depresi, dan hipotiroid, berkaitan dengan rendahnya tingkat energi dalam tubuh dalam basis yang lebih sering. Sementara pengobatan bisa membantu mengenyahkan gejala-gejala ini, makan makanan sehat tertentu dapat meningkatkan asupan energi.

energi

Sayur Berdaun Gelap
Orang yang menderita anemia kekurangan zat besi biasanya memiliki level energi rendah. Tanpa asupan besi yang mencukupi, badan mereka tak memproduksi cukup hemoglobin, yang membantu mengedarkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan oksigen ini mengarah ke kelelahan. Sayuran berdaun gelap seperti bayam dan kubis berkalori dan berlemak rendah, tapi tinggi zat besi. Kalau menderita tingkat testosteron rendah, kubis menaikkan level hormon itu. Akan tetapi, meskipun orang dengan hipotiroid akan terbantu diet kaya besi, makanan tertentu seperti bayam dan kubis bisa memengaruhi fungsi tiroid mereka.

Sayuran berdaun gelap, makanan penambah tenaga. (foto: yougrowgirl)

Kacang-kacangan
Dengan campuran sempurna karbohidrat dan protein, kacang-kacangan adalah makanan penambah tenaga yang bagus. Kabar baik untuk penderita diabetes. Kacang-kacangan juga menyediakan zat besi yang dibutuhkan penderita hipotiroid dan anemia. Perlu juga disebutkan bahwa kebanyakan kacang tinggi dalam tryptophan, asam amino yang dapat menaikkan suasana hati dan membantu mengangkat moral mereka yang mengalami depresi. Walau kacang kedelai telah dihubungkan dengan menurunkan tingkat testosteron, muncul juga bukti bahwa kacang jenis itu tak demikian adanya.

Kacang-kacangan, bagus untuk diabetesan. (foto: livelighter)

Salmon
Ikan jenis ini dinilai tinggi untuk asam lemak omega-3 di dalamnya. Asam itu memberikan beberapa keuntungan kesehatan termasuk mengurangi radang dalam tubuh, mengendalikan penambahan berat badan, dan mencegah pertumbuhan sel kanker.
Lalu, apa tanda-tanda kekurangan omega-3? Kelelahan. Mereka yang menderita diabetes tingkat 2 dan depresi bisa terbantu salmon kecil dua atau tiga hari dalam seminggu. Kalau menderita testosteron rendah, omega-3 dalam memberikan peningkatan energi dan hormon. Mirip kacang-kacangan, salmon mengandung banyak tryptophan yang menaikkan suasana hati.

Salmon, sarat omega-3. (foto: finecooking)

Cokelat Gelap
Kalau membutuhkan lonjakan energi, sepotong cokelat gelap dapat menolong dengan rendahnya kafein daripada minuman kopi. Cokelat gelap memiliki pengirim rangsangan syaraf seperti serotonin, yang bisa menaikkan suasana hati dan bagus untuk penderita depresi. Makanan ini juga mengandung magnesium untuk produksi tenaga. Namun, sebelum membuka bungkus sebatang cokelat gelap, ingat dua hal. Pastikan Anda memilih cokelat gelap dengan kandungan kakao tinggi (idealnya di atas 70 persen) dan jaga tingkat konsumsi sekitar satu ons per hari karena cokelat gelap lebih tinggi dalam lemak dibandingkan cokelat susu.

Cokelat gelap, bagus dengan kandungan kakao tinggi. (foto: ocfitcoach)