10 Cara Supaya Acara Reuni Anda Meriah

Acara reuni semakin menjamur di mana-mana. Kerinduan dan nostalgia masa lalu tak bisa ditumpahkan hanya lewat jejaring dunia maya atau perangkat telepon seluler. Bahkan justru media internet dan seluler turut mendorong orang untuk bertatap muka. Meskipun demikian, pekerjaan yang tidak mudah mengumpulkan dan menarik atensi rekan-rekan lama dengan pelbagai kesibukannya masing-masing. Ada dua pilihan, Anda bisa minta jasa sebuah EO untuk mengatur reuni sekolah Anda atau Anda besertabeberapa rekan anda sendiri yang menyusun acara reuni tersebut. Berikut ini 10 cara agar acara reuni sekolah atau reuni keluarga Anda banyak yang datang dan berlangsung dengan meriah.

1.Buatlah daftar peserta reuni yang akan Anda undang, lengkap dengan data diri mereka. Jangan sampai nanti ada pertanyaan ‘kok aku gak diundang?’, ‘kok aku enggak tahu?’ di kemudian hari.

2.Buatlah panitia kecil, terdiri dari orang-orang yang semangatnya sama dengan Anda untuk membuat reuni. Pilih orang-orang yang mewakili golongan-golongan atau grup di tempat dulu Anda sekolah atau bekerja. Bisa ketua kelas atau orang yang bisa masuk ke semua golongan dalam sekolah atau keluarga Anda.

3.Tentukan tema acara reuni, reuni besar atau reuni kecil, tanggal pelaksanaan reuni, tempat reuni.Jangan terlalu mepet dan jangan terlalu lama. Kalau reuni besar, artinya Anda akan mengumpulkan kawan-kawan yang sudah puluhan tahun tak bertemu, jangka waktu pengumuman 6 bulan sampai satu tahun sebelum reuni rasanya cukup memadai.

4.Tentukan anggaran reuni. Carilah penyandang dana sehingga dapat menutupi separuh dari anggaran yang ada, syukur-syukur kalau ada yang menanggung semua. Kalau tak ada, sesuaikan reuni dengan kemampuan peserta. Ingat, Anda ingin bersenang-senang bertemu teman lama, bukan ingin menambah masalah dalam hidup Anda.

5.Buatlah blog atau grup di Facebook atau BB, whatsapp, atau media sosial lain untuk reuni acara Anda. Buatlah percakapan yang ringan-ringan, jangan hal-hal yang mengandung perdebatan atau memicu permusuhan. Ingat, Anda sudah tahunan atau puluhan tahun tak bertemu dengan rekan-rekan Anda, orang pasti sudah banyak berubah.

6.Panitia mesti rajin-rajin menyapa kawan lama secara pribadi, baik lewat telepon atau lewat sms, terutama untuk rekan-rekan yang kurang aktif berkomunikasi. Katakan bahwa kehadirannya sungguh berarti. Reuni bukan tempat memamerkan keberhasilan, bukan juga tempat menunjukkan ketidakmampuan.

7.Pemilihan tempat sebaiknya disesuaikan. Ingat, kondisi ekonomi rekan Anda berbeda-beda. Jangan pilih tempat terlalu mewah, tapi juga jangan terlalu murah (misalnya di pasar). Dewasa ini banyak tempat misalnya kafe atau restoran yang menawarkan paket khusus reuni. Pilihlah yang sesuai kemampuan. Tempat juga harus mudah dijangkau, jangan blusukan muter-muter kampung seperti Jokowi. Jangan lupa membuat petunjuk arah yang jelas menuju tempat reuni. Kalau acara sampai harus menginap, perlu dipikirkan pula akomodasi yang ada, misalnya untuk peserta reuni yang mempunyai bayi yang tidak bisa ditinggal dsb. Kalau reuni diselenggarakan di luar kora, panitia bisa menyewa kendaraan antar-jemput ke tempat lokasi. Tentukan titik kumpul keberangkatan dan kepulangan yang paling memungkinkan.

8.Buatlah tanda pengenal diri yang bisa ditempel di masing-masing peserta, lengkap dengan kelasnya. Wajah kita tentu sudah banyak berubah dan mungkin kawan lama kita sudah tidak lagi mengenali. Acara reuni biasanya mengandung tiga acara pokok: perkenalan, kesan dan pesan dari peserta, lalu hiburan dan makan bersama. Buatlah acara yang bervariasi, misalnya yang mengandung permainan-permainan, kuis-kuis, dsb. Jangan lupa, biasanya peserta jaga image alias jaim sebelum acara dimulai. Panitia harus mampu memilih orang yang tepat untuk mencairkan kejaiman tersebut.

9.Kaus dan suvenir reuni tidak mesti mahal, tapi harus enak dipakai dan pantas serta punya nilai guna. Biasanya rekan-rekan yang bekerja di bidang promosi mempunyai sampel produk dari tempatnya bekerja. Produk tersebut bisa Anda tambahkan ke dalam goody bags reuni sekolah Anda.

10.Door prize yang memikat bisa menjadi daya tarik tersendiri. Siapa yang tak mau datang reuni bertemu teman-teman lama sambil mengintip peluang membawa voucer yang bisa ditukar dengan LED TV atau kulkas empat pintu?