Cara Mengetes Madu Asli (Lengkap)

Madu palsu dan asli di pasaran sekarang ini lebih banyak yang palsu. Sejumlah pedagang mencoba mengakali dengan tes-tes yang telah disiapkan agar tampak asli padahal palsu. Kemasan-kemasan madu juga umumnya menjamin 100% asli dan konsumen sulit membedakan hanya dari warnanya saja. Namun demikian, ada cara mengetes madu asli yang bisa Anda lakukan sendiri. Sayangnya memang tidak ada tes tunggal yang bisa membuktikannya. Berikut ini adalah dua langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Periksa label. Konsumen kadang malas melakukannya dan dengan mudahnya mengabaikan uji paling sederhana ini.Periksa daftar bahan baku (jika ada) dan cari kata ‘aditif’. Di beberapa negara, produsen harus mencantumkan bahan baku. Jika tidak ada menyebut bahan aditif, kemungkinan itu madu asli.

2. Cicipi madu kalau memungkinkan. Jika tampak kurang meyakinkan walau labelnya bilang murni, ada beberapa tes sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memeriksa kemurnian madu.

  • Tes kelarutan. Ambil segelas air dan satu sendok makan madu.
  • Masukkan madu dari sendok tadi ke dalam air. Jika madu tidak murni, cairan madu langsung larut dalam air karena salah satu campuran madu biasanya sirup. Jika tetap kental dan tenggelam ke dasar gelas, kemungkinan itu asli.
  • Campur madu dan alkohol spirtus (alkohol denaturasi) sama banyak. Madu murni akan mengendap di bagian bawah, sedangkan yang palsu bercampur menjadi seperti susu.
  • Ambil korek dan lilin. Ini cocok untuk mengetes sampel madu yang terlalu banyak. Semisal Anda ambil sampel dulu dari pembeli untuk dites di rumah. Lalu celupkan sumbu lilin ke sampel madu secukupnya. Nyalakan sumbu. Jika terbakar, itu adalah madu murni. Jika tidak, artinya ada kadar air dan karenanya sumbu tidak terbakar.
  • Tes penyerapan. Tuang beberapa tetes madu kertas dan amati apakah mudah diserap atau tidak. Jika mudah diserap, madu tidak murni.
  • Jika tidak pada kertas, tuangkan sedikit madu pada kain putih lalu bilas dengan air. Jika ada noda yang ditinggalkan, itu mungkin tidak murni.

Tes Keaslian Madu


wirawiri.net